Berita

KPU Serahkan Bantuan Masker ke Masyarakat Melalui PMI

 

Kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara menyerahkan bantuan satu dus masker untuk masyarakat melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara. Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di Kantor PMI, Selasa (28/4).

Satu dus masker diserahkan anggota KPU Kabupaten Jepara Ris Andy Kusuma kepada Ketua PMI Kabupaten Jepara Sutedjo S Sumarto. Hadir juga anggota KPU lainnya, Muhammadun, serta Sekretaris KPU Kabupaten Jepara Da’faf Ali dan Kasubag Keuangan, Umum dan Logistik Sutomo.

Ris Andy Kusuma mengatakan, bantuan masker tersebut merupakan hasil swadaya seluruh anggota anggota KPU dan sekretariat di KPU Kabupaten Jepara. “Ini masker untuk masyarakat. Kami serahkan melalui PMI yang hampir setiap waktu selama masa pandemi Covid-19 sering menyerahkan bantuan ke masyarakat di semua kecamatan. Ini sekaligus sebagai pengingat, agar kita saat keluar rumah untuk kebutuhan mendesak, senantiasa mengenakan masker dan bentuk-bentuk protokol lain yang mesti kita ikuti,” kata Ris Andy.

Sementara itu Muhammadun mengatakan, KPU terus berupaya bisa terlibat secara aktif dalam upaya pencegahan penularan Covid-19. Upaya-upaya pencegahan di internal kantor sudah dilakukan sejak dini, dengan mengikuti panduan atau protocol dari Satgas Penanganan Covid-19 dari pemerintah. “Hand sanitizer, tempat cuci tangan dengan sabun di beberapa titik, penyemprotan lingkungan kantor dengan disinfektan secara rutin tiap pekan, kewajiban menggunakan masker, juga standard-standard kerja dan pelayanan dari work from home (WFH-red) juga dilakukan dengan ketat,” kata Muhammadun.

Ia menjelaskan, selama menerapkan WFH, KPU Kabupaten Jepara masih tetap melakukan pelayanan ke masyarakat, dengan pengaturan dan penjadwalan personel sesuai kebutuhan selama hari kerja. “Setidaknya dalam dua pekan ini ada beberapa pihak yang mengajukan permohonan data-data pemilu 2019, baik untuk kepentingan riset di perguruan tinggi maupun publik. Kami tetap bisa melayani dengan tetap memegang standard pencegahan potensi penularan Covid-19,” lanjut dia.

Di luar itu, KPU Kabupaten Jepara, sesuai instruksi dari KPU RI, juga terlibat dalam sosialisasi pencegahan melalui konten-konten di website dan media sosial dengan tagar #KPULawanCovid-19. “Upaya pencegahan ini tanggung jawab persama. Penyampaian informasi ke masyarakat dan antar masyarakat harus makin intensif dan efektif,” kata Muhammadun.

 

Sosialisasi ke Basis

Ketua PMI Kabupaten Jepara Sutedjo S Sumarto menyatakan PMI secara kelembagaan menjadi bagian dalam tim di Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jepara. Selama pandemic berlangsung, PMI terus aktif menyalurkan bantuan dari PMI ke masyarakat maupun dari dari masyarakat ke masyarakat. Ia mengapresiasi KPU yang memberikan kepercayaan ke PMI untuk penyaluran bantuan. “Hari ini memang kami turun ke desa untuk memberikan bantuan masker ke masyarakat. Sehingga bantuan masker dari KPU bisa langsung tersalurkan,” kata Sutedjo.

Ia menyebut saat ini segala upaya perlu dilakukan dari berbagai kelompok untuk melakukan pencegahan. Salah satu hal penting yang juga diperlukan masyarakat adalah sosialisasi yang efektif sampai ke basis di desa-desa. “Sosialisasi ini harus sampai ke akar, sebab pandemi ini disikapi secara beragam oleh masyarakat. Ini tugas yang juga tidak mudah, tetapi harus dilakukan, bahkan ke keluarga terdekat oleh semua pihak,” kata Sutedjo. (kpujepara)