Berita

KPU Terus Benahi Komunikasi Publik

Kpujepara.go.id – KPU kabupaten/kota se Jawa Tengah terus berupaya menyempurnakan kinerja kehumasan. Hal ini menjadi fokus pembahasan dalam rapat koordinasi evaluasi pengelolaan kehumasan dan pengelolaan informasi publik yang diselenggarakan KPU Provinsi Jawa Tengah dan diikuti secara daring oleh KPU kabupaten/kota se Jawa Tengah, Selasa (25/5).

Dari KPU Kabupaten Jepara hadir Koordinator Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Muhammadun serta Kepala Subbag Teknis dan Hupmas Bagus Gede.

Yulianto Sudrajat, ketua KPU Provinsi Jawa Tengah membuka acara tersebut. Ia menyampaikan kepada KPU kabupaten/kota untuk memulai persiapan diri dalam mempersiapkan pemilu dan pemilihan serentak 2024. Yulianto Sudratjat menyerukan kepada KPU pkabupaten/kota untuk menguatkan kelembagaan dengan memperbaiki pelayanan informasi publik dan membentuk citra yang baik bagi lembaga dengan memanfaatkan media-media yang ada.  “Humas di KPU harus mampu menghadirkan strategi komunikasi yang efektif,” ujar Yulianto. “Era komunikasi telah bergeser ke dalam media-media digital,” lanjut dia.

Ia menyampaikan bahwa komunikasi digital adalah jenis komunikasi yang lebih diminati oleh publik karena sifatnya yang cepat, mudah diakses dan memiliki jangkuan luas. Ia juga menuntut Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM di KPU kabupaten/kota se Jawa Tengah untuk dapat aktif dalam melakukan komunikasi ke publik.  “Kita telah berada dalam ruang informasi yang dahsyat. Penting bagi KPU untuk menciptakan arus informasi yang baik dan benar guna melawan penyebaran informasi yang tidak benar serta informasi hoaks,” terang Yulianto.

Dalam kesempatan tersebut Diana Ariyanti, anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Divisi Sosdiklih dan Parmas memyampaikan pentingnya sinergisitas dan kolaborasi antara KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota dalam melakukan kinerja kehumasan. Ia juga memaparkan hasil evaluasi kinerja Bakohumas KPU kabupaten/kota terkait pelayanan informasi publik dan pemanfaatan media sosial dan website. Paparan hasil evaluasi tersebut diminta segera ditindaklanjuti oleh KPU kabupaten/kota.

Dewantho Adhi Permana, kepala Bagian Hukum, dan Hupmas KPU Provinsi Jawa Tengah dalam kesempatan yang sama mengingatkan, sesuai arahan dari KPU RI, agar KPU kabupaten/kota dapat menghadirkan sinergitas serta keselarasan terhadap kerja-kerja kehumasan yang dilakukan oleh KPU RI dan KPU provinsi. “KPU kabupaten/kota harus dapat membangun citra lembaga yang baik dengan mengoptimalkan fungsi-fungsi kehumasan,” seru Dewantho Adhi Permana. Ia juga mengevaluasi strategi komunikasi yang telah dijalankan oleh KPU kabupaten/kota dalam mempergunakan kanal-kanal yang ada baik itu media sosial maupun website. (kpujepara)

Back to top button
Close