Berita

KPU Terus Mutakhirkan Daftar Pemilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara terus melakukan kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) adalah proses memperbarui data pemilih guna memudahkan proses pemutakhiran data pemilih pada Pemilu/Pemilihan yang akan datang. Secara teknis pemutakhiran DPB menggunakan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Tahun 2019 sebagai dasar data pemutakhiran, yaitu dengan memperbarui elemen data pemilih, mencoret pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS), dan menambahkan pemilih baru. Pemilih yang masuk kategori TMS meliputi pemilih yang meninggal dunia, di bawah umur, ganda, pindah domisili, berstatus TNI/Polri, hak pilihnya dicabut, dan bukan penduduk setempat. Sedangkan pemilih baru adalah pemilih yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih tetapi belum trerdaftar di DPT Pemilu 2019 Kabupaten Jepara.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Jepara pada Pemilu 2019 mencapai 876.490 pemilih. Jumlah itu terdiri 437.546 pemilih Laki-laki dan 438.944 Perempuan. Berdasarkan hasil rapat pleno KPU Kabupaten Jepara pada 19 Mei 2020, hasil pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB), jumlah pemilih mencapai 877.683 jiwa. Jumlah itu terdiri dari 437.901 pemilih laki-laki dan 439.782 pemilih perempuan.
Perubahan jumlah DPT Pemilu 2019 dengan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) diperoleh berdasarkan jumlah pemilih baru mencapai 3.940 pemilih, dengan rincian pada bulan Maret berjumlah 0 pemilih, April 3.835 pemilih dan Mei 105 pemilih. Sedangkan pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) mencapai 2.747 pemilih, dengan rincian pada bulan Maret berjumlah 2.688 pemilih, April 25 pemilih dan Mei 34 pemilih.
Untuk memastikan sudah/belum terdaftar di DPT Pemilu 2019 Kabupaten Jepara dapat dengan cara ke link https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Dan apabila mengalami kondisi belum terdaftar, mengalami perubahan pada identitas kependudukan, pemilih pemula (baru berusia 17 tahun), meninggal dunia, pindah status menjadi TNI/Polri, atau pindah domisili, maka dapat disampaikan ke KPU Kabupaten Jepara dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Datang langsung ke Kantor KPU Kabupaten Jepara, Jalan Yos Sudarso Nomor 22 Jobokuto, Jepara dengan membawa fotokopi KTP elektronik/Suket atau identitas kependudukan pemilih dan mengisi formulir tanggapan/masukan masyarakat terhadap pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan yang telah disediakan.
2. Melalui email dengan terlebih dahulu mengunduh formulir tanggapan/masukan masyarakat terhadap pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan yang tersedia di website KPU Kabupaten Jepara (www.kpujepara.go.id), mengisi formulir tersebut dan mengirimkan ke email kpujepara@ymail.com dengan melampirkan foto KTP El/Suket dari pemilih.
3. Penyampaian tanggapan/masukan masyarakat dapat diwakilkan dengan tetap mengisi formulir yang tersedia dan melampirkan fotokopi KTP El/Suket dari pemilih.
4. Bagi pemilih pemula yang belum memiliki KTP El/Suket, maka masukan/tanggapan dapat dilampiri foto/fotokopi Kartu Keluarga pemilih.