Berita

KPU Tetapkan Perolehan Kursi dan Caleg Terpilih

20190723_092844

Kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara menetapkan 50 calon anggota legislatif terpilih untuk DPRD Kabupaten Jepara dalam rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih hasil pemilu anggota DPRD Jepara 2019 yang digelar di aula Kantor KPU Jepara Jl Yos Sudarso 22 Jepara, Senin (22/7) malam.

Rapat pleno yang dihadiri Bawaslu, para saksi dari parpol, Forkopimda, ormas, dan media tersebut juga menetapkan perolehan kursi dari tiap parpol di setiap daerah pemilihan.

Rapat pleno dipimpin Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri bersama empat komisioner lainnya, yaitu Muntoko, Ris Andy Kusuma, Siti Nur Wakhidatun, dan Muhammadun. Hadir Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko dan dua komisoner Bawaslu lainnya, yaitu Abd Kalim dan Kunjariyanto. Rapat pleno tersebut juga dihadiri Ketua KPU Jateng Yulianto Sudrajat bersama komisioner KPU Jateng lainnya, Ikhwanudin.

Pleno penetapan itu dilakukan setelah dipastikan tak ada gugatan perselisihan hasil pemilu legislatif Kabupaten Jepara di Mahkamah Konstitusi. Rapat pleno dilakukan pada 22 Juli 2019 atau batas terakhir penetapan untuk KPU kabupaten/kota yang tak ada sengketa hasil pemilu.

20190723_095939

Untuk perolehan kursi, pleno tersebut menetapkan PKB mendapatkan (enam kursi), Partai Gerindra (lima kursi), PDI Perjuangan (delapan kursi), Partai Golkar (empat kursi), Partai NasDem (tujuh kursi), Partai Garuda (0), Partai Berkarya (satu kursi), PKS (dua kursi), Partai Perindo (dua kursi), PPP (sepuluh kursi), PSI (0), PAN (dua kursi), Partai Hanura (satu kursi), Partai Demokrat (dua kursi), PBB (0), dan PKPI (0). Untuk nama-nama caleg terpilih, bisa dibaca dalam lampiran surat keputusan KLIK DISINI 

Sebelum membacakan data perolehan kursi dan caleg terpilih, rapat pleno itu juga menghasilkan keputusan berupa pembatalan rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih hasil pemilu anggota DPRD Jepara 2019 yang digelar di Hotel D’Season Premiere Bandengan 3 Juli lalu. Pencabutan tersebut mendasarkan pada Surat KPU Nomor 986/2019 bertanggal 3 Juli tentang Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Hasil Pemilu Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota tahun 2019 pasca Pencatatan Nomor Register Perkara pada Buku Registrasi Perkara Konstitusi di Mahkamah Konstitusi.

Para saksi menandatangani berita acara surat keputusan pencabutan dan berita acara surat keputusan yang baru sebagaimana hasil rapat pleno 22 Juli tersebut. Semua saksi partai politik serta Bawaslu menerima hasil keputusan tersebut. Hasil pleno juga disampaikan ke KPU provinsi dan KPU RI.

Di pengujung rapat pleno, Subchan Zuhri berterima kasih kepada semua pihak yang turut berperan dalam kelancaran pelaksanaan setiap tahapan pemilu, termasuk sampai pada pleno penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih tersebut. “Sesegera setelah ini, kami akan menyampaikan surat pengajuan usulan pelantikan calon anggota DPRD Jepara kepada gubernur melalui bupati Jepara,” kata Subhan. (kpujepara)

20190723_095843