BeritaPilgub 2018

Manfaatkan CFD, KPU Sosialisasikan Pilgub Jateng

whatsapp-image-2018-01-28-at-14-16-58-1

Jepara, Kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara menggelar sosialisasi terbuka dalam rangka menyambut Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah. Sosialisasi yang digelar di Alun-Alun Jepara Minggu (28/1/18) itu, bertujuan untuk meningkatkan antusiasme masyarakat terkait Pilgub Jateng, 27 Juni 2018. Memanfaatkan Car Free Day (CFD), KPU Jepara berharap informasi bisa tersampaikan secara luas.

Sosialisasi di acara CFD dimulai Minggu pagi pukul 06:00 WIB. Sambil membagikan stiker, KPU Jepara menerjunkan beberapa anggotanya untuk mensosialisasikan beberapa poin terkait akan diadakannya Pilgub pada 27 Juni mendatang. Di hari pertama sosialisasi, KPU Jepara sengaja memilih kawasan CFD karena banyak masyarakat yang datang. KPU membaur dengan masyarakat sambil membagi bagikan stiker, sebagai bahan sosialisasi tagline Pilgub kali ini Becik tur nyenengke”.

“Dalam rangka membangun kesadaran pemilih agar mereka nanti mengetahui, memahami, dan berpartisipasi dalam Pilgub 2018. Pilgub tinggal beberapa bulan lagi, mari kita semua mengikuti tiap tahapannya, sebagai warga negara yang baik” ucap Komisioner KPU Jepara Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Subhan Zuhri, di kawasan CFD.

whatsapp-image-2018-01-28-at-14-16-55

Subhan mengungkapkan, dalam Pilgub kali ini, harus berlangsung secara “  Becik (baik) dan nyenengke (menyenangkan)”. Dalam sosialisasi itu, KPU Jepara menyampaikan terkait tahapan yang sedang berjalan, yakni tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Masyarakat diimbau untuk turut pro aktif dan memstikan dirinya, keluarganya sudah terdata dalam daftar pemnilih.

whatsapp-image-2018-01-28-at-14-16-54

KPU mengingatkan, untuk mencapai pemilu yang sukses, perlu ada dukungan dari masyarakat, khususnya terkait proses pemutakhiran data pemilih. “Saat ini tahapan yang sedang berjalan adalah tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) Data Pemilih yang dilakukan petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Sudahkah rumah anda dicoklit?” kata Subchan, di sela sela sosialisasinya.

KPU juga mengimbau masyarakat agar menghindari segala bentuk politik uang pada Pilgub mendatang. “Mari kita sambut Pilgub Jateng 2018 dengan senang hati. Gunakan hak pilih kita nanti tanggal 27 Juni. Sebagai pemilih yang cerdas, mari kita tolak politik uang dalam Pilgub Jateng 2018” teriak, Eni Ramadhaniati, salah satu petugas sosialisasi dalam acara tersebut.

Beberapa pengunjung CFD terlihat sedang diwawancarai anggota KPU. Beberapa yang antusias, menanggapi tiap pertanyaan dan komunikasi bersama KPU Jepara. Dalam komunikasi itu, KPU Jepara ingin mengetahui sejauh mana perhatian masyarakat terkait Pilgub. Beberapa masyarakat masih belum tahu mengenai kapan dan bagaimana Pilgub dilaksanakan, Mayoritas mereka dari kategori pemilih pemula. Setelah diwawancarai, pengunjung berfoto ria di photo booth yang disediakan, sambil meneriakkan tagline Pilgub Jateng “Becik tur nyenengkee!”.

Subhan menuturkan, kegiatan sosialisasi Pilkada Jateng di kawasan Car Free Day ini, mengawali serentetan sosialisasi yang direncanakan KPU, karena daerah ini sangat efektif dengan jumlah pengunjung ribuan orang. Setelah ini KPU akan menggelar sosialisasi di CFD dengan materi sosialisasi yang sesuai tahapan.  Beberapa sosialisasi telah disiapkan KPU, seperti sosialisasi ke sekolah-sekolah, ke kelompok masyarakat, sarasehan dengan masyarakat, sosialisasi melaui media social, radio, serta ada sosialisasi dengan pagelaran seni budaya, yang rencananya akan digelar per kecamatan. (F2@/hupmas KPU Jepara)

whatsapp-image-2018-01-28-at-14-16-56-1

whatsapp-image-2018-01-28-at-14-16-57

whatsapp-image-2018-01-28-at-14-16-56

whatsapp-image-2018-01-28-at-14-17-30

Back to top button