Berita

Menjadi Moderator Perlu Sikap Moderat

Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri menjadi salah satu pemateri dalam pelatihan Public Speaking #1 yang diselenggarakan ormas Oi (Orang Indonesia) di Gedung Serbaguna Pantai Bandengan, Minggu (15/3/2020). Pelatihan tersebut diikuti sekita 70 peserta yang mayoritas siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

Subchan menyampaikan materi terkait moderator, MC dan teknik memimpin rapat atau diskusi. “Menjadi seorang moderator itu perlu sikap yang moderat. Moderator harus menghargai berbagai perbedaan pendapat ketika memimpin rapat atau memandu diskusi,” terangnya.

Bersikap moderat ini, lanjut Subchan sejalan dengan nilai-nilai demokrasi yang dianut bangsa ini. Seorang moderator harus bisa memosisikan di tengah-tengah antara (kepentingan) narasumber dan audiens.

Di salah satu materi yang disampaikannya, bahwa menjadi moderator perlu kepiawaian memilih kalimat yang efektif untuk menjadi penghubung antara naras umber dan peserta/audiens. Dia juga menyuplik sebuah pepatah, bahwa penembak jitu itu bukan penembak yang banyak mengeluarkan peluru saat menembak. “artinya pembicara yang baik itu bukan mereka yang banyak mengeluarkan kata-kata tapi tidak mengena (sasaran),” terangnya.

Pelatihan public speaking #1 yang diselenggarakan Ormas Oi tersebut juga menghadirkan sejumlah narasumber. Di antaranya Abdul Wahab Saleem, MSI, Kepala Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah UNISNU Jepara, kemudian ada Suhariyanto M.IKom, Dosen Ilmu Komunikasi USM Semarang. (hupmas KPU Jepara)