Berita

Menjaga Hubungan dengan Publik melalui Website

Kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara mengikuti rapat koordinasi kehumasan yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Tengah, 17-18 Februari. Rakor dilaksanakan secara daring oleh KPU Kabupaten/Kota se-Jateng dan juga luring oleh sebagian peserta. Rakor tersebut membahas bagaimana sistem kehumasan di KPU terus diperkuat, salah satunya dengan mengoptimalkan fungsi website dan media sosial.

Rakor dibuka anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Divisi Sumber Daya Manusia M Taufiqurrahman. Dua narasumber dihadirkan dalam kegiatan ini. Keduanya adalah Endro Purnomo, ahli teknologi informasi, manajemen dan bisnis serta pengajar di Sekolah Bisnis Indonesia, dan Robby Leo Agust, kepala Koordinator Bagian Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik KPU RI. Rakor juga dihadiri Dewantoputra AdhiPermana, kepala Bagian Hukum, Teknis, dan Hubungan dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Jawa Tengah.

Dari KPU Kabupaten Jepara, hadir dalam rakor daring Ketua KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri, anggota KPU Kabupaten Jepara Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Muhammadun, serta tim dari sekretariat yang membidangi humas.

“KPU bekerja berhubungan langsung dengan kebutuhan-kebutuhan publik. Maka fungsi kehumasan lembaga di KPU semua tingkatan harus berjalan dengan baik,” kata Taufiqurrahman saat membuka rakor.

Ia menjelaskan fungsi kehumasan itu misalnya kesiapan dalam menyajikan data dan informasi yang akurat dan terkini, serta peka terhadap kebutuhan publik. Karena itu, lanjut dia, kerja-kerja nyata untuk mendukung tugas kehumasan juga mesti berjalan dengan baik. “Bekerja sesuai dengan regulasi saja belum cukup sebagai sebagai badan publik kita juga bersentuhan dengan opini publik. Ini yang harus kita kelola dengan baik,” jelas dia.

Dalam rakor itu Endro Purnomo berbagi bagaimana teknis pengelolaan website. Ia memaparkan pentingnya menghadirkan konten-konten di website yang mudah untuk diakses publik juga konten-konten yang selaras dengan dinamika terbaru. “Pengunjung website itu simpel, mereka berharap informasi dan data di website mudah dan nyaman diakses,” kata Endro.

Dewantoputra AdhiPermana dalam kesempatan ini menekankan pentingnya tim humas di KPU memiliki standard kerja yang bisa menjadi panduan. “Untuk menunjang kerja humas, penting untuk memperhatikan perangkat pendukung, personel, juga standard kerja atau SOP,” kata Dewantoputra.

Berelasi dengan Publik

Sementara itu Robby Leo Agust memaparkan bagaimana KPU berhubungan dengan publik. Tim humas disebut sebagai garda terdepan bagaimana berelasi dengan publik. Selama lima jam lebih Robby memantik kesadaran akan pentingnya komunikasi publik yang harus dijalankan KPU. Hal-hal mendasar terkait kompetensi berbicara di depan publik, bagaimana meliput dan menulis berita, bahkan kompetensi dalam mengisi website dan medsos ia sampaikan secara komprehensif. “Sebagai tim humas, maka perlu meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum. Jika itu terkait website dan kepentingan untuk berelasi dengan media massa maka penting juga meningkatkan kemampuan dalam penulisan berita,” kata Robby.

Karena website menjadi jendela informasi penting di KPU, maka hal-hal yang telah, sedang, dan akan dilakukan oleh KPU yang terkait dengan publik harus juga disampaikan melalui website. “Kita ini kan pakai anggaran publik, maka publik harus tahu apa yang kita kerjakan. Sudah tidak zamannya Lembaga publik tertutup,” lanjut Robby.

Ia juga menekankan pentingnya pemanfaatan medsos KPU karena melalui beragam platform media sosial akan terjadi interaksi Lembaga dengan publik. “Medsos punya dunianya sendiri, sehingga butuh tim kreatif di humas untuk mengelolanya,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu Muhammadun diminta Robby untuk berbagi pengalaman bagaimana mengelola website dan medsos di KPU Kabupaten Jepara. Muhammadun mengatakan website merupakan bagian penting dari kerja KPU, sehingga harus menjadi perhatian khusus. “Kami sudah beberapa bulan menjalankan kelas khusus untuk meningkatkan kompetensi SDM di internal kami terkait pengelolaan website dan medsos. Kelas ini berjalan rutin setiap sepekan sekali,” kata Muhammadun. (kpujepara)

Back to top button
Close