Berita

Menyongsong Pilbup 2017, KPU Jepara Gelar Koordinasi

KPU Jepara Gelar KoordinasiJEPARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara sudah mulai ancang-ancang untuk mewujudkan pemilihan bupati dan wakil bupati yang berkualitas. Meski Pilbup masih akan dilaksanakan 2017 mendatang, Selasa (17/3/2015), KPU Jepara sudah gelar koordinasi dengan sejumlah stakeholder.

Koordinasi dengan stakeholder yang diadakan di Aula KPU Jepara, Jalan Yos Sudarso No 22 itu dalam rangka menyamakan visi terkait program-program menyukseskan Pilbup 2017. Selain itu, KPU juga menggalang dukungan sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait untuk program pendidikan politik bagi pemilih.

Hadir dalam kooordinasi menyosngsong Pilbup 2017 dari Polres, Kodim 0719, Tata Pemerintahan Setda Jepara, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BP2KB) dan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Jepara.

Ketua KPU Kabupaten Jepara M Haidar Fitri menyampaikan, bahwa pihaknya perlu merangkul semua stakeholder yang ada di Kabupaten Jepara guna menyukseskan Pilbup 2017. “Kami mengharap partisipasi serta peran aktif stakeholder sesuai dengan tugas pokok dalam tahapan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati 2017,” ungkapnya.

Dia menambahkan, masing-masing stakeholder yang diundang dalam rapat koordinasi itu mempunyai peranan penting dalam turut menyukseskan pilbup. Disebutkan, Polres dan Kodim punya tugas penting dalam pengamanan rangkaian proses pilbup dari awal hingga akhir.

Begitul pula, lanjutnya, Tata Pemerintahan, Kesbangpol, maupun Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, BP2KB, serta Kementrian Agama diharapkan dapat mensupport KPU dalam hal menjalankan pendidikan politik bagi pemilih. “Kami sudah menyusun usulan program terkait pendidikan politik maupun program penguatan demokrasi ini dan kami berharap SKPD terkait mampu mejuwudkannya,” paparnya.

Subhan Zuhri selaku anggota KPU Jepara Divisi Sosialisasi menambahkan bahwa penyelenggaraan pemilu ini tidak dapat dilakukan sendiri oleh KPU. “Kami membutuhkan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak. Kami harapkan dukungan dari masing-masing stakeholder mulai dari sosialisasi, pemantauan, pemutakhiran data, serta pendidikan pemilih pemula ini bisa maksimal,” jelasnya.

Terkait dengan Pilbup Jepara  yang masih akan digelar 2017 mendatang, Subchan mengatakan hal itu bukan berarti waktu masih panjang. Sebab, menurutnya saat ini KPU Jepara sudah harus menyususn rencana anggara belanja (RAB) yang akan diusulkan ke Pemkab Jepara. Selain itu, banyaknya regulas baru juga perlu disosialisasikan kepada masyarakat.

Sementara itu, dari sekian stakeholder yang hadir, menyatakan dukungannya untuk menyukseskan Pilbup 2017. Dalam hal pendidikan politik bagi pemilih, dari Tata Pemerintahan, Disdikporam BP2BK dan Kantor Kemenag Jepara akan menyiapkan program kegiatan yang mendukung usulan KPU dalam menyukseskan Pilbup. (wb/sz)

Tinggalkan Balasan

Back to top button