Berita

Oi Gelar Sosialisasi Pilbup, KPU: Ini Wujud Nyata Partisipasi Masyarakat

img-20161204-wa0005
JEPARA-Partisipasi masyarakat di dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) bukan semata kehadiran pemilih di dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS). Namun partisipasi masyarakat dalam pemilu, dapat diwujudkan dengan beragam cara. Salah satunya dengan menggelar Sosialisasi yang dilakukan Ormas Orang Indonesia (Oi) Jepara.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahunnya ke 14, Minggu (4/12) Badan Pengurus Kota (BPK) Oi Jepara gelar Sosialisasi Pilbup dengan mengundang Komisioner KPU Kabupaten Jepara untuk menggisi acara tersebut. Kegiatan yang diselenggarakan di pendapa Kecamatan Pecangaan itu dihadiri sekitar 150 orang, terdiri dari para pengurus dan anggota Oi se Jepara dan Oi dari kabupaten tetangga, serta undangan dari ormas dan organisasi kepemudaan lainnya.

“Dengan diselenggarakannya Sosialisasi Pilbup Jepara ini diharapkan pengurus dan anggota Oi dapat turut menyukseskan Pilbup yang berintegritas dan damai,” kata ketua BPK Oi Jepara Muhammad Rifki. Oi juga bagian dari masyarakat yang harus turut andil untuk memajukan bangsa.

Di usia ke 14 ini, BPK Oi Jepara diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat. Partisipasinya di dalam pelaksanaan Pilbup 2017 dengan menggelar sosialisasi adalah wujud nyata Oi yang mencerminkan sebagai ormas yang positif bagi masyarakat.

Sementara, Anggota KPU Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Subchan Zuhri yang hadir menyampaikan materi sosialisasi mengapresiasi kegiatan yang dilakukan BPK Oi Jepara itu. Menurutnya, sosialisasi yang diselenggarakan BPK Oi Jepara dalam rangka peringatan HUT ke 14 nya adalah bentuk partisipasi masyarakat yang positif.

“Partisipasi masyarakat itu dapat diwujudkan dengan keterlibatan sebagai penyelenggara, dapat pula dengan menjadi pemantau, melakukan survey atau jajak pendapat, serta melakukan sosialisasi dan pendidikan politik,” terang Subchan. Dikatakan, muara dari semua kegiatan partisipasi itu adalah untuk meningkatkan tingkat kehadiran pemilih dalam menggunakan hak pilihnya pada hari pemungutan suara 15 Februari 2017 mendatang.

Subchan menambahkan, dalam momen Pilbup Jepara ini, masyarakat terutama generasi muda agar dapat menjadi pemilih yang cerdas. Yakni pemilih yang datang dan menggunakan hak pilihnya bukan karena faktor pemberian atau iming-iming materi. “Pemilih yang cerdas adalah mereka yang memilih dengan mencermati visi-misi, program dan track record pasangan calon,” jelasya.

Disampaikan pula, bahwa money politic (politik uang) harus diperangi. Sebab, akibat dari money politic akan melahirkan pemimpin yang tidak amanah. Money politic juga tindakan pidana pemilu yang diancam dengan hukuman kurungan dan denda, baik pemberi maupun penerima.

Selain menggelar sosialisasi Pilbup, peringatan HUT ke 14 BPK Oi Jepara juga diselenggarakan sosialisasi bahaya narkoba dengan narasumber dari Satuan Reserse Narkoba Polres Jepara. Di akhir acara, juga didendangkan lagu-lagu Iwan Fals yang memang menjadi sosok idola bagi anggota Oi. (hupmas KPU Jepara)

img-20161204-wa0003

Back to top button
Close