Berita

Para Calon Tandatangani Deklarasi Pilbup Berintegritas dan Damai

Dua Paslon membacakan deklarasi Pilbup Berintegritas dan Damai yang dipandu Ketua KPU Jepara
Dua Paslon membacakan deklarasi Pilbup Berintegritas dan Damai yang dipandu Ketua KPU Jepara

img_9745

JEPARA – Menjelang pelaksanaan tahapan Kampanye dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jepara tahun 2017, dua pasangan calon bupati dan wakil bupati telah menandatangani naskah Deklarasi Pilbup Berintegritas dan Damai. Penandatanganan deklarasi itu digelar di aula Mapolres Jepara, Kamis (27/10/2016).

Ada tiga poin dalam naskah deklarasi Pilbup Berintegritas dan Damai yang ditandatangani kedua Pasangan Calon. Para Calon Bupati dan Wakil Bupati beserta Tim Kampanye dan para pendukung, dengan semangat persatuan dan persaudaraan, berjanji kepada masyarakat Kabupaten Jepara menyatakan:

Pertama Siap menciptakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati secara serentak Tahun 2017 yang berintegritas dan damai. Kedua mewujudkan kemajuan daerah dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Dan ketiga tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Turut menandatanganan Deklarasi Pilbup Berintegritas dan Damai itu ketua dan sekretaris Tim Kampanye kedua Paslon. Turut menyaksikan dan menandatangani Kapolres Jepara, Komandan kodim 0719 Jepara, Sekda Jepara, Ketua KPU Jepara, Ketua Panwaslih Jepara dan sejumlah pejabat Forkopinda serta perwakilan tokoh masyarakat.

Penandatanganan Deklarasi Pilbup Jepara Berintegritas dan Damai ini diharapkan menjadi momentum untuk membangun kebersamaan dan kesepakatan antar pasangan calon beserta tim kampanye dan pendukung untuk mewujudkan Pilbup yang damai, jujur, aman, menyenangkan dan berintegritas. Deklarasi ini juga sejalan dengan amanat KPU RI yang tertuang dalam Surat Edaran nomor 577/KPU/X/2016.

Kapolres Jepara AKBP M. Samsu Arifin, SIK yang juga menjadi tuan rumah Deklarasi Pilbup Berintegritas dan Damai itu menyampaikan bahwa deklarasi ini terasa istimewa. “Pelaksanaan Deklarasi ini berbeda dari daerah lain karena diselenggarakan di Polres Jepara. Kami selaku aparat keamanan juga berkepentingan untuk turut serta menciptakan situasi yang aman dan kondusif,” terangnya saat memberikan sambutan.

Kapolres berharap, deklarasi ini bukan sekadar ceremonial penandatanganan kesepakatan. Tetapi, lanjut dia, dengan diselenggarakan deklarasi Pilbup berintegritas dan damai ini, semua yang hadir akan mempunyai tanggung jawab bersama dalam mewujudkan Pilbup yang damai dan berintegritas.

Di tengah-tengah sambutannya, Kapolres juga memuptar sebuauh video tanyangan kerusuhan dalam konflik pilkada di suatu daerah. Setelah itu, dia lantas mengingatkan bahwa dampak dari konflik pemilu itu sangat mahal. Maka Kapolres kembali menyerukan pentingnya keamanan dan kondusifitas khususnya dalam tahapan Pilbup ini. “Kita berharap Jepara aman,” tambahnya.

Kapolres menyaimapaikan bahwa dalam penyelenggaraan Pilbup Jepara 2017 ini, semua telah berkomitmen untuk menjalankan tugas pokoknya secara professional dan netral. Baik KPU selaku penyelenggara, Panwas, maupun aparat keamanan dipastikan akan bersikap netral.

“Kalau nanti ada oknum aparat polri yang tidak netral, saya akan beri sanksi tegas. Akan saya copot dari jabatannya,” janji Kapolres.

Dia juga mengingatkan kepada kalangan media massa agar dalam memberitakan tahapan Pilbup ini secara proporsional dan berimbang. “Jangan sampai media menjadi pemicu konflik dengan pemberitaan yang provokatif atau bahkan berbau SARA,” tegasnya.

Setelah proses penandatanganan selesai, kedua pasangan calon yakni Pasnoln Nomor urut 1 Dr. H. Subroto, SE., MM – H. Nuryahman, SH dan Paslon Nomor urut 2 H. Ahmad Marzuqi, SE – H. Dian Kristiadi, S.Sos mengikuti arak-arakan keliling dalam rangka pengenalan kepada publik. Arak-arakan dengan menggubakan truk bak terbuka milik polres, di mana kedua paslon beraada dalam satu mobil beserta Kapolres dan Dandim.

Arak-arakan dimulai dari halaman Mapolres Jepara menuju Jalan Pemuda kea rah Ngabul, berputar melalui jalur lingkat sampai desa Mulyoharjo dan kembali ke KPU Kabupaten Jepara. Selama perjalanan dengan dikawal mobil patwal Polres dan diikuti sejumlah kendaraan tim kampanye di bekakangnya. (Hupmas KPU Jepara)

img_4823

 

Back to top button