Berita

Pasca Dilantik, PPK Langsung Bentuk PPS

_MG_7305

JEPARA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara resmi melantik 80 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Jepara 2017. Prosesi pelantikan dilaksanakan di Hotel Jepara Indah pada Jumat 15 Juli 2016.

Pelantikan anggota PPK ini merupakan tahap akhir dari proses seleksi anggota PPK yang sudah berjalan sejak 21 Juni lalu. 80 anggota PPK dari 16 kecamatan ini adalah pilihan terbaik yang telah lolos tahap seleksi administrasi, seleksi tertulis dan seleksi wawancara.

Ketua KPU Jepara Muhammad Haidar Fitri, SH meminta kepada seluruh anggota PPK yang baru saja dilantik, untuk bisa bekerja dalam penuh waktu dan bertanggung jawab serta menjunjung tinggi asas penyelenggaraan pemilu. Semua anggota PPK diminta untuk bersama mensukseskan Pilbup Jepara 2017 sebagaimana tema yang sudah dicanangkan KPU yakni “Pilbup Berintegritas untuk Masa Depan Jepara”.
“Kami berharap rekan rekan anggota PPK dapat menjalankan tugas dengan baik sesuai dengan tanggung jawab di wilayahnya masing-masing demi sukses Pilbup Jepara 2017 yang berintegritas”, tegasnya

Usai dilantik, seluruh anggota PPK langsung mendapatkan bimbingan teknis dari KPU Kabupaten. Dalam bimbingan teknis itu, KPU Kabupaten langsung memberikan tugas kepada anggota PPK untuk melanjutkan tahapan pembentukan Panitia Pemungutan Suara (PPS).
Tahapan pembentukan anggota PPS di 195 desa dan keluarahan ini sudah berjalan sampai seleksi administrasi. Namun, karena ada banyak desa yang jumlah pendaftarnya belum memenuhi kuota dua kali kebutuhan PPS yakni enam orang calon anggota, maka KPU melakukan perpanjangan pendaftaran.

PPK diminta untuk segera berkoordinasi dengan jajaran pemerintah desa di wilayah kerjanya untuk perpanjangan pendaftaran anggota PPS tersebut. Setelah itu, PPK langsung mendapat tugas melakukan tahap seleksi wawancara calon anggota PPS dan menetapkan tiga orang anggota PPS di setiap desa. Proses pembentukan anggota PPS tersebut sesuai jadwal dan tahapan yang diatur di dalam PKPU Nomor 3 tahun 2016 harus sudah selesai pada tanggal 20 Juli 2016. (hupmas)

IMG_7275

IMG_7281

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close