Berita

PEMILIHAN KETUA OSIS TAHUN INI SERENTAK

IMG_0123

Usulan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara mengenai pemilihan ketua OSIS (Pilkatos) secara demokratis dan serentak disambut baik oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara. Pemilihan ketua OSIS bakal dirancang menyerupai Pemilu, sebagaimana yang selama ini diselenggarakan oleh KPU.

Pilkatos ini merupakan salah satu bentuk pendidikan demokrasi yang ada di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, KPU Jepara berharap setiap sekolah mampu memanfaatkan momen suksesi ketua OSIS ini sebagai wahana pendidikan politik bagi para siswa.

Beberapa waktu lalu, KPU Jepara telah berkoordinasi dengan Disdikpora Kabupaten Jepara terkait agenda Pilkatos serentak ini. Dalam koordinasi tersebut Disdikpora menjadwalkan pelaksanaan Pilkatos serentak pada 10 Agustus 2015. Untuk tahap pertama ini Pilkatos serentak baru digelar di tingkat SMU sederajat.

Terkait dengan pelaksaan Pilkatos serentak di tingkat SMU sederajat itu, saat ini KPU Jepara telah menyusun materi petunjuk pelaksanaan (juklak) Pilkatos. KPU juga masih berkoordinasi dengan Disdikpora untuk mengusulkan pengunduran jadwal Pilkatos serentak, sebab jika pelaksanaannya tanggal 10 Agustus dinilai terlalu mepet.

“Kalau pelaksanaanya tanggal 10 Agustus, tahapan untuk menyiapkan Pilkatos  di masing-masing sekolah hanya seminggu. Waktu seminggu terlalu mepet untuk melaksanakan tahapan Pilkatos,” kata Subchan Zuhri, anggota KPU Jepara Divisi Sosialisasi, Pengembangan SDM, Data dan.Informasi.

Tahapan Pilkatos itu sendiri di antaranya terdiri dari pembentukan badan penyelenggara, sosialisasi, pemutakhiran data pemilih, pendaftaran dan penetapan calon ketua, kampanye, pemungutan suara, penghitungan dan rekapitulasi hasil penghitungan suara, penetapan calon terpilih sampai pelantikan ketua baru. (   )

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close