Berita

Pendidikan Politik Dirintis dari Kampus

Komisioner KPU Jepara foto bersama jajaran rektorat UNISNU
Komisioner KPU Jepara foto bersama jajaran rektorat UNISNU

Jepara – Meski peguruan tinggi bukan lembaga politik, namun kampus dapat berperan menjadi ladang pendidikan politik. Dinamika organisasi di dalam perguruan tinggi, telah mencerminkan sebuah negara dengan berbagai infrastruktur dan supra sutrukturnya.

Mengelola sebuah perguruan tinggi, sebagaimana disampaikan wakil rektor III UNISNU Jepara Ir. H Mustofa Muhtar tidak jauh beda dengan mengelola sebuah negara. “Dinamika di dalam perguruan tinggi sudah mencerminkan miniature sebuah Negara. Ada presiden mahasiswanya, ada Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM). Mereka dipilih juga melalui sebuah pemilihan umum yang juga diselenggarakan oleh penyelenggara pemilu semacam KPU,” kata Mustofa saat menerima menerima audiensi angota Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri menyerahkan buk hasil pemilu 2014 kepada Wakil Rektor I UNISNU Saadullah Assaidi
Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri menyerahkan buk hasil pemilu 2014 kepada Wakil Rektor I UNISNU Saadullah Assaidi

Kabupaten Jepara belum lama ini.

Mustofa, yang juga adik kandung Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Nahdlotul Ulama (YAPTINU) Jepara, Ali Irfan Muhtar, menambahkan jika di UNISNU dinamika (perpolitikan) sudah berjalan baik. Mahasiswa telah menjalankan peranannya dalam menghidupkan atmosfir keorgnisasian di sela-sela kewajibannya mengikuti mata kuliah.

Dalam menerima audiensi KPU tesebut, Mustofa didampingi Warek I, Dr. Saadullah Assaidi MSi, Warek II, Drs. Hendro Martojo, MM dan Biro Kemahasiswaan Nurrohman. Sementara dari KPU Jepara yang ikut beraudiensi M Haidar Fitri, Anik Sholihatun, Subchan Zuhri, serta diikuti Kasubbag Umum Bahar dan dua staf dari secretariat KPU Jepara.

Dalam pertemuan itu, Ketua KPU M Haidar Fitri menyampaikan, bahwa dalam rangka melakukan pendidikan politik kepada masyarakat, KPU berharap dapat kerjasama dengan berbagai stake holder, utamanya kalangan perguruan tinggi. “Keberadaan UNISNU di Jepara diharapkan dapat turut memperbaiki kualitas pemilih pemilu demi terciptanya demokrasi yang substansial. Kampus punya peranan strategis untuk menjadi ladang pendidikan politik bagi masyarakat dan khususnya bagi mahasiswanya,” ungkapnya.

Divisi Sosialisasi, Pengembangan SDM, Data dan Informasi KPU Jepara Subchan Zuhri turut menambahkan, bahwa pihak pimpinan kampus perlu memberikan ruang dan fasilitas yang cukup mendukung tumbuhnya dinamika keorganisasian di kalangan mahasiswa. Jika mahasiswa sudah terbiasa untuk menjalankan nilai-nilai demokrasi di dalam kampusnya, maka ke depan diharapkan akan tercipta kelas masyarakat yang mampu menjalankan semangat demokrasi di dalam masyarakat.

“Harapan kita ke depan adalah para mahasiswa ini menjadi agen-agen demokrasi untuk memperbaiki kualitas demokrasi di negeri ini,” tambahnya. Subchan mengatakan, kalangan terdidik dalam hal ini mahasiswa dan seluruh civitas akademika di sebuah perguruan tinggi harus menjadi teladan dalam berpartisipasi di setiap penyelengaraan pemilu.

Partisipasi, lanjutnya, juga perlu diwujudkan pasca pemilu. Yakni dengan mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah dan wakil-wakil rakyat yang sudah dihasilkan pada saat pemilu.

Anggota komisioner KPU Jepara Anik Sholihatun mengungkapkan bahwa dalam serangkaian audiensi dengan sejumlah stake holder ini, ada hal yang menggembirakan saat beraudiensi dengan pimpinan UNINSU. “Ada kesepahaman  yang sama antara KPU dan UNISNU dalam mengikis problem politik di masyarakat. Kampus menjadi salah satu gerbong untuk memperbaki kualitas pemilu dan mencari solusi dari berbagai problemnya,” terangnya.

Sementara itu, Warek II Hendro Martojo yang juga mantan Bupati Jepara dua periode ini juga apresiasi atas usaha yang dilakukan KPU Jepara dalam memperbaiki kualitas pemilih dan demokrasi. “Pemilu adalah berbicara sebuah proses dan hasil dari pada sistem demokrasi. Kita harus bergerak dalam tupoksi masing-masing untuk mengikis problem politik itu,” tandasnya. (redaksi KPU Jpr)

Tinggalkan Balasan

Back to top button