Berita

Pilkatos Serentak 2016 Lebih Semarak

pilkatos sma jepara 1

Jepara – Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (Pilkatos) untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) tahun 2016 berjalan lebih semarak dibanding tahun lalu. Pilkatos serentak untuk tingkat SMA, SMK dan MA se Jepara yang pemungutan suaranya digelar pada RAbu (24/8) ini merupakan program Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara yang sudah berjalan kali kedua. Sebelumnya tahun 2015 lalu KPU Jepara sudah berhasil memelopori penyelenggaraan Pilkatos serentak tingkat SLTA se Jepara.

Dari monitoring yang dilakukan KPU Kabupaten Jepara, penyelengaraan Pilkatos di sejumlah sekolah ini tampak lebih baik disbanding tahun lalu. Di SMA Negeri 1 Jepara misalnya, tahun ini sudah berhasil menggelar Pilkatos dengan pemilihan elektronik atau E-Voting.

Menurut Kepala Seklah SMA Negeri 1 Jepara Udik Agus DW, pemilihan ketua OSIS dengan E-voting ini adalah yang baru kali pertama dijalankan di sekolahnya. Aplikasi pemilihan dengan menggunakan teknologi informasi ini adalah produk dari para guru TIK di sekolah tersebut. “Dengan E-voting ini panitia tidak perlu mencetak surat suara untuk pemilihan. Cukup dengan tiga laptop yang sudah dipasang aplikasi untuk keperluan pemilihan ketua OSIS,” kata pria yang juga Ketua Dewan Kesenian Jepara ini.

Dengan E-voting ini, siswa yang menjadi pemilih hanya butuh memasukkan Nomor ID atau nomor Induk Siswa yang sudah diregistrasi dalam system dan akan bisa masuk aplikasi untuk memilih calon ketua dan calon wakil ketua OSIS. “hanya dengan Klik gambar calon ketua dan wakil ketua OSIS sudah bisa memberikan pilihannya,” tambahnya.

Sementara itu, pelaksanaan Pilkatos di SMA Negeri 1 Bangsri tidak kalah meriahnya. Di sana calon yang menjadi pemenang Pilkatos diarak keliling kampung. Seperti halnya pemenang dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada), siswa pemenang dalam Pilkatos di SMA N 1 Bangsri juga diarak keliling kampung oleh tim suksesnya dengan mengunakan mobil bak terbuka. Hal ini sekaligus, untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang berjalannya pesta demokrasi di tingkat sekolah.

Tepat pukul 12.00 WIB setelah Komisi Pemilihan Ketua OSIS (KPKO) mengumumkan hasil perolehan suara, calon ketua OSIS yang memperoleh suara terbanyak dengan mengenakan pakaian tradisional diarak keliling Desa Bangsri, Kecamatan Bangsri dengan menggunakan mobil bak terbuka lengkap dengan berbagai atribut dan bendera. Tidak ketinggalan, dibarisan belakang, tim rombongan tim sukses juga ikut memeriahkan konvoi tersebut. Untuk menjaga ketertiban selamaa berada di jalan, konvoi tersebut juga didampingi oleh personel polisi dari Polsek Bangsri.

Kepala SMA Negeri 1 Bangsri Nur Yahya mengatakan, tahapan dan tata cara dalam pilkatos ini hampir mirip dengan pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang saat ini sedang berlangsung di Kabupaten Jepara. Mulai dari pembentukan Komisi Pemilihan Ketua OSIS (KPKO), penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), pendaftaran bakal calon hingga kampanye terbuka.

Dikatakan Yahya, untuk pendaftaran calon, dari empat kandidat yang dinyatakan lolos fit and propertest, satu orang calon berasal dari jalur perseorangan (independen). Sedangkan tiga sisanya berasal dari jalur keorganisasian. Khusus untuk jalur perseorangan ini, sebagai syarat mereka harus mengumpulkan bukti dukungan 100 tanda tangan dukungan dari DPT yang sudah ditetapkan. “Sebenarnya ada sepuluh bakal calon ketua yang mendaftar, namun hanya ada empat orang yang lolos dan ditetapkan sebagai calon” paparnya.

Dalam penyelenggaraan Pilkatos serentak tingkat SLTA ini, KPU Jepara juga mengadakan lomba foto tahapan Pilkatos. Masing-masing sekolah dapat mengirimkan minimal tiga foto tahapan Pilkatos. Foto dapat dikirim ke email KPU Jepara di kpujepara@ymail.com. (hupmas KPU Jepara)

Panitia Pilkatos SMA N Bangsri sedang menghitung perolehan suara hasil pemilihan
Panitia Pilkatos SMA N Bangsri sedang menghitung perolehan suara hasil pemilihan
Calon Ketua pemenang Pilkatos di SMA N bangsri diarak keliling desa oleh tim suksesnya
Calon Ketua pemenang Pilkatos di SMA N bangsri diarak keliling desa oleh tim suksesnya

Tinggalkan Balasan

Back to top button