Berita

Pilkatos Serentak 2017 Segera Digelar

img_5688

JEPARA – Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (Pilkatos) tingkat SMA/MA/SMK akan kembali digelar serentak tahun ini. Program Pilkatos serentak ini sudah digagas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara sejak 2015 lalu, dan tahun ini adalah penyelenaggaraan yang ketiga kalinya.

Pilkatos serentak tingkat SLTA se Kabupaten Jepara ini telah dijadwalkan terselenggara pada 24 Agustus mendatang. Saat ini KPU Jepara sedang menggelar bimbingan teknis (bimtek) untuk pengurus OSIS dan guru pembina OSIS di seluruh SMA/MA/SMK.

Selasa (25/7), bimtek tatacara pelaksanaan Pilkatos digelar KPU bekerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Jepara. Bimtek yang diselenggarakan di aula Kemenag itu diikuti sekitar 120 peserta, yang terdiri dari delegasi 60 MA se Jepara.

Divisi SMD dan Parmas KPU Jepara, Subchan Zuhri yang menjadi narasumber bimtek tersebut menjelaskan, Pilkatos serentak tingkat SLTA ini akan terus digelar tiap tahunnya. “Melalui Pilkatos serentak inilah para siswa SMA/MA dan SMK akan bisa belajar berdemokrasi. Para siswa akan merasakan bagaimana dinamika pemilu,” katanya.

Diterangkan pula, dalam materi bimtek pelaksanaan Pilkatos, KPU menekankan agar seluruh tahapan pelaksanaan Pilkatos harus dijalankan oleh siswa. Guru hanya mendampingi dan berperan sebagai pembimbing jika siswa mengalami kendala. “Kalau tahapan Pilkatos saja masih dijalankan para bapak atau ibu guru, lantas kapan siswa-siswi akan belajar menjadi penyelenaggara?,” kata Subchan.

Oleh karena itu, dalam Bimtek tersebut, semua tahapan dan teknis penyelenggaraan disampaikan secara detail oleh KPU. Diharapan para siswa yang mengikuti bimtek akan segera menindaklanjuti dengan mentransformasikan hasilnya ke pengurus OSIS yang lain dan segera menjalankan tahapan Pilkatos. Tahapan Pilkatos sendiri akan dimulai pada 1 Agustus diawali dengan pembentukan badan penyelenggara atau panitia penyelenggara Pilkatos.

Kepala kemenag Jepara yang diwakili Kepala Subbag TU Dra. Hj Lutfiah mengapresiasi kegiatan Pilkatos serentak yang sudah dijalankan KPU sejak 2015 tersebut. Kemenag Jepara, lanjutnya akan terus mendukung kegiatan KPU yang berkaitan dengan peningkatan pendidikan demokrasi di sekolah-sekolah, khususnya di MA yang ada di bawah kewenangannya.

Luftiah juga memberikan motivasi kepada para siswa agar memaksimalkan kesempatan dalam belajar demokrasi dan berorganisasi. “Menjadi siswa itu jangan hanya pandai dalam ilmu pengetahuan saja. Harus dilengkapi dengan pengalaman berorganisasi. Banyak orang-orang penting di negeri ini yang besar karena aktif dalam berbagai organisasi,” terangnya.

Sementara itu, Bimtek Pilkatos untuk SMA/SMK yang di bawah naungan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga dijadwalkan pada Senin, 31 Juli mendatang di aula Disdikpora Jepara. (hupmas KPU Jepara)

img_5715

Untuk mendapatkan contoh Surat Keputusan OSIS tentang Tata Cara Pelaksanaaan Pilkatos 2017 dapat diunduh di bawah ini:

Contoh Surat Keputusan OSIS untuk Juknis Pilkatos

Back to top button
Close