Berita

POLRES JEPARA SIAPKAN SATGAS MONEY POLITIC

audiensi-kapolres-1

Jepara, www.kpujepara.go.id – Menghadapi gelaran Pilkada Serentak tahun 2018, Polres Jepara berencana membentuk Satuan Tugas (Satgas) Money Politic untuk memberantas praktek politik uang. Hal tersebut disampaikan Kapolres Jepara AKB Yudianto Adhi Nugroho saat menerima audiensi Komisioner KPU Kabupaten Jepara, Senin (15/1/2018).

Yudianto Adhi Nugroho  menyampaikan, di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 ini, Polres Jepara menyiapkan Satgas Money Politic sebagai upaya mendukung terselenggaranya Pilgub yang demokratis dan berintegritas.  Praktik Politik Uang yang saat ini sudah massif dalam setiap penyelenggaraan pemilu atau pilkada, dikhawatirkan akan melahirkan pemimpin yang tidak bersih.

“Pembentukan (SAtgas Money Politc) nantinya  di bawah Komando Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Jepara, yang akan berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jepara,” ungkapnya.  Satgas Money Politic itu, akan mulai bekerja menjelang kegiatan kampanye Pilgub mendatang.

“Kalau Panwas saja yang mengawasi, terasa berat. Kami dari Polres akan membentuk Satgas, yang memang diperuntukkan bagi pelanggaran ini (Politik Uang). Kalau Panwas masih malu malu dalam menindak dan merasa kerepotan, kita akan bantu dengan bersifat tegas,” ucap Yudianto.

Yudianto Adhi Nugroho mengatakan, pemrosesan perkara politik uang ini tidak hanya berlaku bagi calon pasangan atau tim kampanye, tetapi siapapun yang menerima uang juga bisa diperkarakan. “Mungkin bisa didorong gerakan ini, agar pelaku politik uang bisa jera, dari tingkatan atas sampai bawah,” tambahnya.

KPU Menyambut Baik

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Jepara Muhammad Haidar Fitri menyampaikan apresiasinya  terkait pembentukan Satgas Money Politic ini.  Dibentuknya Satgas Money Politik oleh Polres Jepara ini, tentu akan menjadi “momok” tersendiri bagi pelaku  politik uang. KPU mendukung upaya satgas Money Politic ini dan diharapkan dapat memperkuat Bawaslu dalam mencegah atau menindak pelaku politik uang yang merusak demokrasi.

 “Semoga  Satgas Money Politic ini dapat menjalankan tugas untuk mencegah dan menindak bentuk bentuk politik uang dalam Pilgub ini. Politik uang harus diperangi karena bukan hanya merusak semangat demokrasi, namun dampaknya akan melahirkan pemerintahan yang cenderung korup,” tambahnya.  (hupmas KPU Jepara).

 

Back to top button