Berita

PPK Siap Lakukan Rekapitulasi Suara

 

20190419_000753
Proses entry data dari sertifikat hasil perolehan suara di TPS sedang berlangsung di aula Kantor KPU Jepara, Kamis (18/4). Data tersebut dikirim ke KPU RI untuk diumumkan ke website infopemilu.kpu.go.id

Kpujepara.go.id – Setelah proses pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) selesai, kini tahapan berikutnya adalah rekapitulasi suara oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang jadwalnya dalam rentang 18 April – 4 Mei 2019. Sebelum proses rekapitulasi berlangsung, PPK telah mengumpukan hasil pemungutan dan penghitungan suara dari seluruh TPS di wilayah kerjanya.

“Pada 18 April atau sehari setelah pemungutan suara, seluruh kotak suara dari TPS sudah sampai ke masing-masing PPK di kecamatan. Mulai 18 April sampai dengan 4 Mei, PPK akan merekapitulasi suara dari seluruh TPS di desa atau kelurahan,” kata anggota KPU Jepara Muhammadun, Kamis (18/4).

Ia menjelaskan, sesuai dengan Peraturan KPU No 4/2019 tentang Rekapitulasi Has menjadil Penghitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum Pasal 10 ayat 3, peserta rapat rekapitulasi adalah saksi, panwaslu kecamatan, serta Panitia Pemilihan Suara (PPS) dan sekretariat PPS. “Rapat rekapitulasi juga dapat dihadiri pemantau pemilu, masyarakat, dan instansi terkait. Jadi hasil rekapitulasi ini adalah informasi publik dan masyarakat bisa mengaksesnya dengan memfoto misalnya, termasuk pers bisa meliputnya,” jelas Muhammadun.

Seluruh PPK di Jepara sudah menjadwalkan pelaksanaan rekapitulasi. Beberapa akan memulai pada 20 April, sebagian lagi akan memulainya pada 21 April. Sesuai PKPU No 4/2019, PPK berkewajiban menyampaikan surat undangan kepada peserta rapat rekapitulasi paling lambat sehari sebelum pelaksanaan rekapitulasi.

PPK, lanjut dia, akan merekap hasil penghitungan suara dimulai dari TPS pertama di desa/kelurahan sampai dengan TPS terakhir dalam wilayah kerja PPK. Rekapitulasi dilakukan berurutan dimulai dari pemilu presiden dan wakil presiden, dilanjutkan pemilu anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota. “PPK akan mengumumkan hasil rekapitulasi ke masyarakat di wilayah kerja PPK selama tujuh hari. Jadi lokasi akan diprioritaskan di titik yang mudah diakses,” kata Muhammadun.

Sementara itu di Kantor KPU Jepara, sejak 18 April dilakukan proses entry data salinan C-1 sertifikat hasil perolehan suara untuk dikirim ke KPU RI dan diumumkan di website KPU RI. Proses entry data tersebut akan berlangsung selama lima hari.  (kpujepara).

Back to top button
Close