Berita

Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pilbup Jepara Siap Digelar

KPU Jepara menggelar Rakor Persiapan Rekapitulasi Perolehan Hasil Suara Pilbup 2017
KPU Jepara menggelar Rakor Persiapan Rekapitulasi  Hasil Penghitungan Suara Pilbup 2017. Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara akan digelar Rabu (22/2) di aula KPU Jepara.

JEPARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara Selasa (21/2) menggelar rapat koordinasi dalam rangka persiapan pelaksanaan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jepara Tahun 2017 tingkat kabupaten. Turut hadir dalam acara tersebut Panwaslih, Polres Jepara, Kodim 0719, Kejaksaan Negeri, Badan Kesbangpol, Disdukcapil, Satpol PP, Desk Pilkada, dan masing-masing perwakilan tim sukses pasangan calon.

Rapat koordinasi yang dipimpin ketua KPU Jepara M Haidar Fitri dan dihadiri seluruh komisioner KPU Jepara tersebut sebagai persiapan untuk pelaksanaan rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pilbup. “Rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten akan dilaksanakan besok pagi Rabu tanggal 22 Februari 2017 mulai pukul 10.00,” kata Ketua KPU Jepara M. Haidar Fitri.

Haidar menyebutkan masing-masing pasangan calon akan diperbolehkan menghadirkan dua saksi dan didampingi oleh dua orang staf untuk mendokumentasi dan bagian operator IT. Ia menambahkan saksi yang dapat berbicara dalam forum hanya yang mendapat surat mandat secara tertulis dari masing-,masing pasangan calon.

Dalam rapat koordinasi tersebut, salah satu perwakilan tim paslon nomor urut 1, Sutarjo menyampaikan agar pelaksaan rekapitulasi berjalan lancar dan kondusif, diharapkan tidak ada pengerahan massa dari paslon manapun. “Saya tekankan, tolonglah besok jangan mengerahkan massa supaya besok dalam rekapituias suara bisa kondusif. Kalaupun ada permasalahan-permasalahan kami harap dapat diselesaikan dengan musyawarah mencari solusi. Jika tidak ada solusi ya ada ruang hukum yang dapat ditempuh.” Terangnya.

Usulan itu langsung diamini oleh peserta rapat, termasuk dari perwakilan tim paslon nomor urut 2. Khoirul Anam, yang mewakili tim paslon nomor 2 menyambung, bahwa pihaknya tidak ada rencana menghadirkan massa. “Kita sudah komitmen akan mengikuti aturan main yang dibuat penyelenggara,” tegasnya.

KPU Jepara menyediakan tenda di halaman parkir kantor KPU serta dilengkapi layar dan sound sistem agar masyarakat dapat sama-sama mendengar dan menyaksikan rekapitulasi hasil penghitungan suara calon pemimpin Jepara lima tahun kedepan. Sedangkan dari segi pengamanan KPU Jepara dibantu dari Polres Jepara, Kodim 0719 Jepara dan Satpol PP.

Kapolres Jepara AKBP Samsu Arifin melalui Kabag OPS Kompol Slamet Riyadi juga menyampaikan bahwa pihaknya siap mengamankan pelaknsaan rapat rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilbup tingkat kabupaten. “Kami terjunkan sekitar 125 personel polisi untuk mengamankan jalannya rapat,” katanya.

Hal senada diungkapkan Komandan Kodim 0719 Jepara Letkol Inf Ahmad Basuki melalui Pasintel Kapten Inf Subowo bahwa TNI siap membackup pengamanan. “Kami selalu siap untuk membantu Polisi dalam pengamanan tahapan Pilkada ini,” tegasnya. (Hupmas KPU Japara)

Back to top button
Close