Berita

Setelah Partai Golkar, KPU Tindaklanjuti PAW dari NasDem  

Kpujepara.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara telah menindaklanjuti surat penggantian antarwaktu (PAW) dari DPRD Kabupaten Jepara bertanggal 12 Desember 2019 untuk anggota DPRD dari Partai Golkar H Japar (daerah pemilihan IV) yang meninggal dunia. Kini yang terbaru, KPU Jepara juga menindaklanjuti surat PAW dari DPRD Kabupaten Jepara untuk Hj Yunita Tri Harini (daerah pemilihan I) dari Partai NasDem yang juga meninggal dunia.

Untuk PAW H Japar, KPU Kabupaten Jepara setelah melalui rapat pleno, berkirim surat balasan ke DPRD Jepara pada 18 Desember 2019. Dalam surat tersebut, sesuai dengan Surat Keputusan KPU Jepara Nomor 322/2019 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Jepara, dinyatakan pengganti H Japar adalah Muhamad Soleh yang mendapatkan peringkat suara sah terbanyak berikutnya. Proses PAW sudah berjalan dan Muhamad Soleh telah dilantik pada 12 Februari 2020 lalu.

Pada Jumat (6/3) lalu KPU Kabupaten Jepara kembali menggelar rapat pleno yang dimpin Ketua KPU Kabupaten Jepara Subchan Zuhri bersama empat anggota KPU lainnya, yaitu Ris Andy Kusuma, Muntoko, Siti Nurwakhidatun, dan Muhammadun. Pleno tersebut dilakukan setelah menerima surat dari DPRD Kabupaten Jepara pada 4 Maret 2020 perihal PAW anggota DPRD Kabupaten Jepara dari Partai NasDem. “Jumat pagi itu kami menerima surat dari DPRD, siangnya kami langsung menindaklanjuti dengan rapat pleno untuk PAW anggota DPRD Kabupaten Jepara dari Partai NasDem,” kata Subchan.

Subchan menjelaskan, KPU Kabupaten Jepara, setelah proses klarifikasi, menyampaikan nama calon pengganti antarwaktu kepada pimpinan DPRD Kabupaten Jepara. Langkah itu ditempuh dengan mendasarkan pada Pasal 25 Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2017 tentang Penggantian Antarwaktu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.

Dalam surat yang dikirim KPU Kabupaten Jepara kepada DPRD Kabupaten Jepara bertanggal 6 Maret 2020, sebagai pengganti Hj Yunita Tri Harini adalah peringkat suara sah calon terbanyak berikutnya, atas nama Jumar dari daerah pemilihan yang sama. “Kami memiliki waktu lima hari sejak menerima surat dari DPRD untuk menindaklanjuti. Dan ini sudah sudah kami tindaklanjuti dengan menyampaikan nama calon pengganti antarwaktu,” kata Subchan. (kpujepara).