Berita

Sistem Pemilu yang Baik Lahirkan Pemimpin yang Berkualitas

(Kpujepara.go.id) Sistem pemilu yang baik akan melahirkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas serta memiliki kapasitas yang baik. Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri saat hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Seminar Politik yang mengusung tema Membangun Ghirrah Demokrasi dengan Menentukan Pemimpin Masa Depan.

Kegiatan tersebut diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) Universitas Islam Nahdatul Ulama (Unisnu) Jepara di Ruang Auditorium kampus tersebut dan dihadiri oleh Pengurus KPUM, perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) serta perwakilan Unit KegiatanMmahasiswa (UKM), Kamis (27/5/2021).

“Pemilu merupakan respresentasi dari semangat dalam berdemokrasi,” ujar Subchan. Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa pemilu merupakan bentuk implementasi dari sistem demokrasi sesuai dengan amanat dari konstitusi. Subchan juga memaparkan jika dalam proses elektoral dapat dijadikan pembelajaran guna mempercepat pendewasaan dalam berdemokrasi. “Seperti menghargai perbedaan pilihan,” kata Subchan. Ia juga menekankan kepada peserta seminar untuk munculkan semangat dengan  beratisipasi aktif perjalanan berdemokrasi. Hal ini dapat diwujudkan salah satunya dengan ikut bertasipasi sebagai penyelenggara pemilu, tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Subchan memberi pesan kepada seluruh peserta untuk dapat mengadirkan pemilu yang relevan untuk dijalankan dalam konteks pemilihan umum mahasiswa (pemilwa). Subchan juga memaparkan materi seputar sistem kepemiluan  yang telah diterapkan  di Indonesia maupun yang ada di dunia.

Dalam kesempatan yang sama, Subchan memantik ruang diskusi bersama peserta terkait proses elektoral yang telah dijalankan di lingkungan kampus. Tejadi diskusi yang dinamis baik dari pengurus KPUM, perwakilan BEM maupun perwakilan dari UKM.

Terdapat beberapa pertanyaan terkait proses kepemiluan yang telah diterapkan di Unisnu. Juga dalam diskusi tersebut pengurus KPUM dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa dalam Pemilwa terkahir tingkat partisipasi pemilih masih rendah yaitu masih di bawah lima puluh persen.

Subchan Zuhri dalam menanggapi dinamika diskusi yang terjadi Ia memberikan pesan agar KPUM mampu menjawab informasi-informasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Lebih lanjut Subchan sampaikan kepada KPUM untuk dapat menyosialisasikan regulasi terkait pemilwa yang ada untuk dapat menjawab kebutuhan informasi yang ada pada mahasiswa terkait proses-proses kepemiluan.

Dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih, Subchan menyampaikan agar seluruh jajaran KPUM mampu menciptakan kepercayaan pemilih. “Jika KPUM mampu menjaga kepercayaan dengan bekerja secara independen dan berintegritas sebagai penyelenggara pemilwa, maka diharapkan mahasiswa akan tergerak untuk turut berpartisipasi,” pesannya.

Sementara Ketua KPUM Feri Indriyanto menyampaikan bahwa agenda pemilwa ini akan memilih presiden dan wakil presiden BEM, Gubernur dan wakil gubernur fakultas serta memilih anggota Dewan Perwakilan Mahasiwsa (DPM). Pemungutan suara telah ditetapkan akan dilaksanakan pada Juli mendatang. “Tahapan yang paling dekat adalah pendaftaran partai politik peserta pemilwa, pendaftaran calon presiden dan wakil presiden, serta pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur masing-masing fakultas. (kpujepara.go.id)

Back to top button
Close