Berita

TUNJUKKAN KESIAPAN, KPU JEPARA GELAR KONSOLIDASI AKBAR

Ketua KPU bersama pejabat forkopinda dan panwaslih membuka acara konsolidasi dan pemantapan penyelenggara Pilbup Jepara 2017, (7/2).
Ketua KPU bersama pejabat Forkopinda dan Panwaslih membuka acara konsolidasi dan pemantapan penyelenggara Pilbup Jepara 2017, (7/2).

 

JEPARA – Sepekan menjelang pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jepara yang akan dilaksanakan Rabu 15 Februari 2017, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara menunjukkan kesiapannya. KPU Jepara menggelar Konsolidasi dan Pemantapan Kesiapan Penyelenggara Pilbup 2017 menghadirkan seluruh jajaran badan penyelenggara ad hok.

Konsolidasai dan pemantapan penyelenggara Pilbup 2017 diselenggarakan di Gedung Wanita, Selasa (7/2). Ada 3.103 penyelenggara yang diundang terdiri dari delapan orang anggota PPK beserta sekretariatnya dari 16 kecamatan, enam orang anggota PPS beserta sekretariatnya dari 195 desa/kelurahan, dan 1.805 ketua KPPS se Jepara.

Ketua KPU Kabupaten Jepara Muhammad Haidar Fitri menyampaikan Konsolidasi dan pemantapan penyelenggara Pilbup 2017 ini digelar dalam rangka menunjukkan kesiapan pada masyarakat Jepara bahwa penyelenggara telah siap menyelenggarakan pesta demokrasi untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati.

Selain itu, konsolidasi dengan menghadirkan penyelenggara ad hoc mulkai PPK, PPS sampai KPPS ini diharapkan akan mengingatkan kembali bagi semua penyelenggara agar dapat menjunjung tinggi integritas, netralitas, profesionalisme dan kecermatannya. “Saya ingatkan, bahwa penyelenggara wajib berintegritas, netral, professional, dan cermat dalam melaksanakan tugasnya,” kata Haidar.

KPU berharap, Pilbup Jepara 2017 ini dapat berjalan lancar, aman, damai tanpa ada ekses apapun. “Kami juga minta doa dan saran kepada para pimpinan Forkopinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) untuk perbaikan kami dalam menyelenggarakan Pilbup ini.

konsolidasi-2

Setelah sambutan ketua KPU Jepara, secara berurutan para pimpinan Forkopinda memberikan sambutan pengarahan. Dimulai dari Ptl Bupati Jepara, kemudian Komandan Kodim 0719 Jepara, Kapores Jepara, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, dan diakhiri pengarahan dari Panwaslih Jepara.

Plt Bupati Dr. Ir Ihwan Sudrajat menyampaikan harapan agar Pilbup Jepara dapat berjalan aman dan lancar. Syaratnya, para penyelenggara harus memahami undang-undang pemilihan kepala daerah dan melaksanakan tahapan sesuai ketentuan regulasi.

Sedangkan Dandim Letkol Inf Ahmad Basuki memberikan wejangan supaya para penyelenggara Pilbup dapat benar-benar menjaga netralitas, integritasnya.

Kapolres Jepara AKBP Samsu Arifin, SIK, SH berharap agar penyelenggara mematuhi aturan undang-undang. “Ada banyak pasal pidana dalam Undang-Undang yang bisa menjerat penyelenggara. Oleh karena itu jangan sampai penyelenggara melanggar pasal-pasal pidana tersebut,” terangnya.

Sementara Kajari Jepara Yuni Daru Winarsih mengingatkan pula soal potensi pelanggaran yang bisa terjadi di pemilu. Harapannya pilbup Jepara 2017 dapat berjalan lancar dan aman. (Hupmas KPU Jepara)

konsolidasi-3 konsolidasi-4

konsolidasi-5

Back to top button
Close