Berita

Wartawan Menjadi Mitra Strategis KPU

IMG_6191

JEPARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, Selasa (24/3/2016) mengundang sejumlah wartawan dari berbagai media massa untuk menggelar press conference (konferensi pers). Awak media selalu dilibatkan KPU Jepara untuk menyebarkanluaskan informasi kepada masyarakat.

Pada press conference yang digelar di aula KPU Kabupaten Jepara Jalan Yos Sudarso Nomor 22 itu seluruh komisioner KPU turut hadir. Sementara dari kalangan media massa hadir sejumlah wartawan baik dari media massa cetak, elektronik, maupun media online.

Ketua KPU Kabupaten Jepara M Haidar Fitri dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa keberadaan wartawan di Jepara ini diharapkan mampu menjadi mitra KPU untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat luas. Terlebih pada saat ini, KPU Kabupaten Jepara sedang menjalankan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jepara, media diharapkan turut menyebarkan informasi-informasi penting untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

Kepada wartawan, KPU menyampaikan beberapa Informasi penting. Pertama terkait Keputusan KPU Kabupaten Jepara Nomor 39/Kpts/KPU-Kab-012.329342/2016 tentang Penetapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 Sebagai Dasar Penghitungan Jumlah Minimum Dukungan, Persentase Dukungan, Jumlah Minimum Syarat Dukungan dan Persebaran Dukungan Bagi Bakal Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Jepara Tahun 2017.

Berdasarkan Keputusan KPU Kabupaten Jepara tersebut, syarat minimum dukungan bagi calon perseorangan adalah 63.119 orang yang harus tersebar sekurang-kurangnya di sembilan kecamatan. “Jumlah syarat minimum dukungan bagi calon perseorangan tersebut diperoleh dari 7,5 persen dari jumlah DPT Pemilu terakhir di Kabupaten Jepara,” kata Haidar.

Informasi lain yang disampaikan terkait kegiatan Launching Tahapan Pilbup 2017 yang akan digelar KPU Jepara pada Minggu, 29 Mei 2016. Disampaikan, bahwa pada kegiatan Launching Tahapan Pilbup Jepara 2017 juga akan dimeriahkan dengan jalan sehat, lomba gerak jalan kreasi untuk siswa SMA, SMK, MA se Jepara, dan lomba mural sosialiasi Pilbup.

Selain itu, KPU Jepara juga akan melaunching Logo, Maskot dan Jingle Pilbup hasil lomba yang sudah digelar April lalu. Semua rangkaian kegiatan Launching Tahapan Pilbup 2017 itu akan digelar KPU Jepara di Alun-alun.

Berikutnya, KPU juga menginformasikan bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan perekrutan penyelenggara Pilbup yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). “Tahapan pembentukan badan penyelenggara PPK dan PPS ini mulai tanggal 21 Juni sampai 20 Juli 2016,” terang Haidar. (Hupmas KPU Jepara)

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close