Berita

Website Baru Menandai Semangat Baru

Kab-jepara.kpu.go.id – KPU Kabupaten Jepara menandai semangat baru dalam melayani kebutuhan informasi publik dengan meluncurkan website baru, www.kab-jepara.kpu.go.id pada Senin (16/8) pukul 10 Wib. Website yang menjadi “rumah baru” itu memiliki keunggulan di antaranya langsung terkoneksi dengan website KPU RI, KPU provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Semangat dalam melayani kebutuhan informasi harus terus dipupuk dan diperbarui setiap saat, terlebih tahapan pemilu 2024 rencananya akan dimulai pada Februari 2022 mendatang.

Peluncuran website baru yang dikelola secara resmi oleh KPU Kabupaten Jepara itu dihadiri seluruh komisioner, yaitu Subchan Zuhri (ketua), Muntoko, Ris Andy Kusuma, Siti Nurwakhidatun, dan Muhammadun. Selain itu juga Da’faf Ali (sekretaris), para kepala Subbagian, dan pegawai. Acara juga disiarkan secara langsung melalyu kanal Youtube KPU Jepara.

Subchan Zuhri mengatakan website baru yang dikenalkan ke publik itu merupakan migrasi dari website lama yang sudah digunakan sejak akhir 2013, yaitu www.kpujepara.go.id yang masih akan beroperasi sampai dengan akhir 2021. Ia menjelaskan website baru ini merupakan website resmi yang domainnya dimiliki KPU RI. “KPU kabupaten/kota diwajibkan menginduk ke domain website KPU RI agar bisa seragam, lebih aman dan tentu lebih mandiri. Website baru KPU Jepara ini menjadi bagian ikhtiar kami dalam pemperbaiki pelayanan informasi kepemiluan kepada masyarakat. Kami akan terus mengenang 16 Agustus 2021 yang berimpitan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus sebagai upaya untuk menguatkan semangat melayani kebutuhan informasi ke publik,” kata Subchan.

Ia juga mengatakan, tema HUT ke-76 Kemerdekaan RI kali ini, yaitu Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh menjadi motivasi untuk membangun dan mengelola website dengan baik. “Kami berharap website ini akan tangguh, sehingga akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemilu. Website ini menjadi salah satu saluran teknologi KPU dalam melayani kebutuhan informasi dan membangun transparansi. Dengan transparansi diharapkan akan tumbuh kepercayaan. Dan dengan kepercayaan publik, akan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam setiap tahapan pemilu maupun pemilihan,” lanjut Subchan.

Peluncuran website itu ditandai dengan doa bersama, disusul penayangan halaman beranda oleh Subchan Zuhri. Berikutnya adalah penayangan video pendek berisi kompilasi ucapan selamat dari berbagai kalangan, yaitu dari Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Yulianto Sudrajat, Bupati Jepara Dian Kristiandi, Ketua DPRD Jepara Haizul Ma’arif, Kapolres Jepara AKBP Warsono, Kepala Diskominfo Jepara Arif Darmawan, Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko, dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Jepara Budi Santoso.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sederhana oleh Muntoko kepada Kasubbag Teknis Bagus Gede. Anggota KPU Jepara Muhammadun dan Ris Andy Kusuma secara bergantian membedah sebagian besar menu yang ada di website baru tersebut. “Tak beda jauh dengan website yang lama. Namun ada beberapa perbedaan. Di antaranya di website baru, pembaca bisa langsung terkoneksi dengan website KPU RI, serta website milik KPU provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Alamatnya tersaji semua. Ini memungkinkan pembaca website KPU Jepara bisa, jika menginginkan informasi dari daerah lain bisa langsung menuju alamat website KPU provinsi atau kabupaten/kota yang diinginkan,” kata Muhammadun.

Ia juga mengatakan, ruang interaksi dengan pembaca, khususnya masyarakat pemilih juga dijembatani. Di menu DPB (Daftar Pemilih Berkelanjutan), misalnya. Didalamnya masyarakat akan tahu perkembangan angka jumlah pemilih setiap bulannya, juga memungkinkan pembaca melaporkan diri untuk dicatat sebagai pemilih baru, atau memperbaiki data diri sebagai pemilih (misalnya pindah alamat atau data diri). Di menu PPID, masyarakat bisa mengetahui prosedur permohonan informasi publik dan formulir yang dibutuhkan. ‘Menu ini memang dibuat untuk melayani permohonan informasi publik,’’ kata Muhammadun.

Sementara itu Ris Andy Kusuma menjelaskan di website baru KPU Jepara ini adalah menu JDIH (Jaringan Dokumen dan Informasi Hukum). Didalamnya memuat produk hukum seperti peraturan dan surat keputusan yang dihasilkan oleh KPU RI dan KPU Kabupaten Jepara. “Ini memungkinkan pembaca tidak hanya dapat mengakses informasi dan kegiatan dari berbagai tahapan dan nontahapan pemilu atau pemilihan, tetapi juga produk-produk hukumnya,” kata dia. (kpujepara)

Back to top button
Close